ads

Kurangi 8 Kebiasaan Ini Jika Ingin Kuota Internet Anda Bertahan Lama

Kebiasaan yang mengakibatkan kuota internet habis. gambar
Soungaunga—Perkembangan teknologi tak bisa dielati, terlebih lagi dengan munculnya telepon genggam. Saat ini, hanya melalui smartphone atau android saja kita bisa menjelajahi dunia dengan internet. Namun tentu saja, memastikan bahwa telepon genggam mempunyai paket data internet.

Karena kebutuhan itulah, maka orang berbondong-bondong mengisi paket internet. Tapi jarang yang mengetahui bagaimana sih agar kita bisa pengeretan? Karena siapa pun Anda, ketika paket kuota internet ludes, pasti sedikit galau. Betul tidak? Ya, inilah zaman di mana kebutuhan internet seperti kebutuhan primer manusia. Meskipun menggunakannya dengan maksud yang berbeda-beda, untuk komunikasi, pekerjaan atau sekadar hiburan.

Namun, di samping itu, kebiasaan ber-internet kadangkala membuat hati potue* akibat lekas habisnya kuota internet, sehingga tanpa internet kadang mati gaya. Nah, untuk mengantisipasi hal tersebut, Soungaunga kembali menyuguhkan kepada Anda bagaimana agar kuota kamu tak cepat habis. Berikut penjelasannya.

1. Jangan keseringan membuka layanan hotspot untuk laptop

Selain memudahkan terhubung dengan wifi terdekat, smarphone juga memiliki fitur layanan hotspot untuk laptop. Untuk berbagi jaringan hotspot ke laptop, tentunya membutuhkan kuota yang banyak dan jika dalam penggunaan yang cukup lama akan cepat menghabiskan kuota internet kamu.

2. Kurangi kebiasaan streaming musik dan video

Streaming video dan musik merupakan layanan yang sangat rakus mengambil data internet. Namun, bagaimana lagi jika hal ini merupakan kebiasaan. Nah untuk mengantisipasinya, tentunya kamu harus bijak mengatur hal ini, setidaknya dengan mengurangi kebiasaan streaming dan bisa juga dengan membeli paket unlimited atau paket data malam yang disediakan operator.

3. Nonaktifkan auto update aplikasi

Pengguna smarphone rata-rata menggunakan lebih dari 20 aplikasi yang rutin mendapatkan update, belum lagi aplikasi bawahan android itu sendiri. Kan bisa kebayang berapa kuota kamu terkuras. Untuk mengatasi peng-update-an yang secara otomatis ini kamu bisa mengaturnya dengan menonaktifkan update playstore secara manual. Sehingga update aplikasi hanya berjalan jika hanya terkoneksi ke wifi gratis saja.

4. Uninstall Aplikasi sosial media

Terkait poin ke tiga, kamu juga bisa mengatasinya dengan melakukan uninstall pada aplikasi yang tidak penting. Misalnya untuk facebook chat, twitter dan email. Kamu bisa log ini aplikasi tersebut dengan menggunakan crome bawahan android kamu, biar proses update tidak lebih banyak menguras kuota. Dan juga kamu bisa menggunakan Opera max yang secara otomatis akan menghemat penggunaan data internet.

5. Kurangi komunikasi menggunakan video call

Jika kuota kamu terbatas, maka bersabar saja dulu untuk melakukan hal yang satu ini, karena untuk melakukan video call harus memiliki kuota yang cukup banyak. Namun, untuk kamu yang geregetan ingin melakukan VC kamu bisa menggunakan aplikasi BBM dan WhatsAPP yang hanya menggunakan panggilan suara dan sedikit memakan kuota.

6. Hilangkan kebiasaan bermain game online

Seperti halnya kalimat pembuka, kecanggihan teknologi juga memaksakan untuk harus online untuk memainkan game yang kamu sukai. Dan, tentunya agar bisa bermain, kamu harus punya paket data internet. Namun untuk mengantisipasi terjadinya kejebolan kuota, ada baiknya kamu pilih-pilih game online yang bagus dan ramah akan data internet.

7. Menggunakan wifi gratis

Tidak bisa lakuin semua hal diatas, berarti kamu tidak punya jalan lain selain menggunakan wifi gratis. Nah, dalam penggunaan wifi gratis, kamu tidak perlu takut dengan kuota kamu, asal nonaktifkan dulu paket data androidmu. Pokoknya, game online, streaming musik video, BBM, facebook, video call bisa kamu lakukan dengan sesuka hatimu. Namun bagaimana jika tidak mendapatkan wifi gratis? Yah, jawabannya, posabare posukure*.

8. Jangan di-pake.

Yang terakhir agar kuota internet tak habis meskipun beratus-ratus tahun, adalah dengan cara jangan pernah di-pake. Ini tips ampuh melumpuhkan dompet Anda.

Demikianlah tips tentang beberapa kebiasaan yang bikin cepat habis kuota internet Anda. Jika Anda melakukan beberapa saran di atas, maka kuota internet bisa bertahan bertahun-tahun, eh, bertahan lama. Semoga bermanfaat.(YS)

Post a Comment

Paling banyak dibaca