ads

10 Virus Lokal yang Bisa Menyerang Komputermu

Sepuluh virus lokal yang bisa menyerang komputer. gambar
Soungaunga—Seperti halnya virus lain, virus lokal juga bersifat mengganggu dan merusak yang penciptanya tidak lain dan tidak bukan yaitu orang Indonesia sendiri. Pada awalnya, virus lokal hanya sebagai pengganggu dan sangat mudah untuk dijinakkan. Namun, seiring perkembangan varian virus baru yang tergolong pesat, virus lokal lebih mendominasi daripada kehadiran virus luar negeri.

Virus-virus itu tentu saja dapat merusak komputer atau laptop Anda. Untuk itulah, Soungaunga akan mengenalkan kepada Anda, beberapa virus lokal yang bisa menyerang komputer. Berikut kami sajikan:

1. Brontok varian

Virus yang satu ini merupakan virus dengan jumlah varian yang banyak dan tentunya cukup menjengkelkan jika sudah menyerang komputer. Nah, jika virus ini sudah menginfeksi komputermu, maka jangan heran kalau komputermu hang dan lemot digunakan, karena virus ini menyerang sistem penyimpan data yang menyebabkan kapasitasnya terkuras habis.

2. Purwo C.

Jika diandai-andaikan, sepertinya virus ini berasal dari Purwokerto, sebab namanya Purwo C. Varian. Virus Purwo sendiri diciptakan dengan menggunakan bahasa visual basic yang memiliki ukuran file sebesar 56 KB. Untuk menipu korbannya, virus ini menggunakan ikon mirip Ms. Word sehingga tidak mudah dikenali.

3. Mylove varian

Wow ... siapa sih pencipta virus ini, sepertinya sedang baper dan lagi kasmaran, sampai pake lope lope segala nih. Hehehee ... ukuran virus mylove ini 198 KB dan menyerupai folder. Kebanyakan, virus ini jika dideteksi seperti Trojan W32/Autorun.AQK. jika sudah menyerang, virus ini dengan cepat merubah merubah ekstensi folder menjadi CSR atau screensaver.

4. Recycler varian

Namanya diambil dari cara penyamarannya yang berubah menjadi recycle bin. Contohnya ketika virus ini menyerang flash disk maka didalam flash disk akan terdapat file dengan recycler yang menggunakan nama alfa numerik, seperti D-2-5-43-55-222222 ....

BACA JUGA: Jangan Salah, Ternyata Virus Komputer Juga Punya Siklus Hidup

5. Fdshield

Virus Fdshield merupakan virus yang diciptakan dengan menggunakan bahasa Delphi. Untuk kamu ketahui, bahwa virus berbentuk Internet Explorer dan biasanya ukuran hingga sebesar 553.472 bytes tanpa di pack. Yang paling mengherankan, jika sudah menginfeksi file maka file tersebut secara otomatis akan me-rename dengan memberi nama pornografi, misalnya 17++Sex. Nah jadi hati-hati, jangan tergoda dengan hal tersbut, bisa-bisa itu hanya jebakan dari Fdshield untuk merusak komputermu.

6. Raider.vbs

Untuk virus satu ini memiliki jenis menyerupai Vbsscript. Selain itu, virus ini memberikan tanda pengenal pengenal pada registry dengan membuat kunci baru di HKLM sofware dengan nama sama halnya komputer name.

7. Risa

Virus yang berukuran sekitar 42 KB ini menyerupai folder dengan kondisi ter-pack menggunakan UPX. Cara virus ini menginfeksi yaitu dengan menggandakan folder-folder tipuan yang banyak terdapat di setiap penjuru drive. Biasa folder dengan nama a, b, c, jangan dibuka, rahasia, cinta dll.

8. Yuyun.vbs

Nah kalau yang tadi risa sekarang yuyun. Ah ada-ada saja pembuat virus ini. Virus yuyun berukuran kecil sekitar 9 KB. Namun ukurannya yang kecil tidak bisa dipandang enteng. Karena dalam menginfeksi, virus ini menggandakan file dengan sangat banyak dan biasa dengan nama autorun.inf dan thumb.db dalam kondisi samar atau terhidden. Pasti perna dapat kan si yuyun lagi nongkrong di partisimu.

9. Legendofaang.vbs

Virus ini hampir sama dengan virus raider, yaitu dibuat dengan menggunakan VBScrip. Ukuran virus ini sekitar 13 KB. Saat menginfeksi, virus ini akan menghapus vile VBS, sedangkan pada remvable disk yang terinfeksi juga akan terdapat file autorun.inf.

10. Vanpraja

Cara menginfeksi virus yang satu ini terbilang unik, yaitu dengan mengeluarkan gambar dari dalam resources tubuhnya dan memberi nama “Hacked by v@nP.Jpg”. Secara fisik, virus ini mirip dengan Ms. Word dengan ukuran 96 KB.

Demikianlah artikel 10 virus lokal yang bisa menyerang komputermu ini kami sajikan kepada Anda. Semoga bermanfaat(YS).

Post a Comment

Paling banyak dibaca